Bali – Ternyata Ga Melulu Kuta

Sebagian besar dari kita pasti pernah ke Bali. Jaraknya yang ga terlalu jauh (kurang dari 2 jam naik pesawat) dan banyaknya maskapai yang melayani rute kesana membuat sebagian orang bahkan ke Bali hanya untuk menghabiskan weekend.

Buat saya, Bali merupakan salah satu tempat yang gakkan pernah bosen untuk saya datengin. Gimana ngga, kayaknya tiap saya kesana, selalu ada tempat baru yang asik buat didatengin deh. Pertama kali kesana, pas awal-awal kerja, ngajakin Bapak saya jalan-jalan bareng kakak dan adik saya. Saya masih inget waktu itu kita sewa mobil sendiri, dan keliling Bali sampe puas. Yaaa seperti layaknya orang yang baru pertama kali ke Bali, kami mengunjungi Tana Lot, GWK, Uluwatu, Pura Besakih, makan bebek di Ubud, dan pastinya ke Pantai Kuta yang terkenal itu. Salah satu cerita lucu, waktu itu kita mau nonton tari Kecak sambil liat sunset di Uluwatu. Karena sampe sana lebih cepat, dan lumayan capek abis keliling-keliling, kita memutuskan untuk nunggu di mobil. Dan ternyata kami semua ketiduran dong, bangun-bangun tari kecaknya udah bubar. Hehehe.

Beberapa kali ke Bali, saya mulai mengeksplor bagian lain selain Kuta (dulu kalo ke Bali nginepnya selalu di daerah Kuta euy) dan ternyata semuaaaa bagian di Bali bener-bener indah untuk didatengin. Sekarang kalo ke Bali, saya selalu bagi wilayah yang mau saya datengin. Misalnya, kali ini akan eksplor Bali Timur (Amed, Amlapura, Karangasem, dll) nanti lain kali saya akan eksplor Bali Utara (Singaraja, Danau Bratan, Lovina, dll), trus selanjutnya ke daerah lain lagi. Gitu deh intinya. Ada temen saya yang bilang โ€œberat banget hidup lo ciw, ke Bali aja dibagi-bagi kayak lagi bikin mapping jualanโ€ hahahhaks, iya kayak gitu emang..tapi ini mapping jalan-jalan ๐Ÿ˜€

Ini beberapa alternatif tempat dan kegiatan buat kamu yang udah mulai bosen sama Kuta yang sekarang udah rame banget :

  • Seminyak

Ini daerah turis kedua setelah Kuta. Agak beda sih ambiencenya. Di Seminyak menurut saya cocok untuk kamu yang suka shopping. Banyak toko-toko dan butik lucu yang ada di pinggir jalan. Shopping paradise for shopaholic ๐Ÿ˜€

  • Ubud

Buat yang suka dengan ketenangan, Ubud udah paling cocok deh nih. Suasana pedesaan dengan hamparan padi dan udara yang relatif lebih sejuk, bikin daerah ini jadi daerah favorite saya kalo di Bali. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Ubud antara lain adalah : baca buku, sepedahan, dan shopping di Pasar Ubud. Tapi harga barang di daerah sini lebih mahal dibandingkan harga di tempat lain di Bali, karena konon katanya kalo Ubud memang daerah yang paling eksklusif di Bali.ย  Katanya lhooo..

ini villa di Ubud, sekelilingnya sawaaahhh..
ini villa di Ubud, sekelilingnya sawaaahhh..
  • Amed

Daerah pantai di Bali Timur yang suasananya mirip-mirip dengan Krabi. Sepi, dan sebagian besar yang datang kesini adalah turis luar yang punya tujuan menyelam. Harga penginapan di sini relatif lebih murah dibandingkan Kuta. Dengan harga 700ribu per malam, kita sudah bisa dapet kamar besar dengan view laut yang bagus banget.

sunrise dari penginapan kami di Amed
sunrise dari penginapan kami di Amed
Amed, sayang agak mendung
Amed, sayang agak mendung
  • Lovina

Nah, buat yang mau merasakan sensasinya melihat lumba-lumba langsung di laut lepas, ini adalah tempat yang pas #rhymes. Jarak dari Kuta ke Lovina sekitar 2.5 jam, jadi kalau ga mau harus bangun pagi-pagi buta, menginaplah di sekitar Lovina karena untuk melihat lumba-lumba, kita harus sudah stand by di kapal sewaan sekitar jam 5.30 pagi.

  • Taman Ujung (Soekasada), Karangasem

Taman terapung peninggalan Raja Karangasem sebagai hadiah untuk permaisuri. Kalo kesini, bawaannya adeeemmm karena banyak air nya *halah dan sekilas kayak taman-taman di Jepang. Gini nih suasananya :

No filter
No filter
tiap sudut bikin adem
tiap sudut bikin adem
pas lewat sini, ada yang lagi foto pre wed
pas lewat sini, ada yang lagi foto pre wed
  • Taman Tirta Gangga

Masih di sekitar Bali Timur, ada juga Taman Tirtagangga, yang didirikan oleh Raja Karangasem untuk tempat peristirahatan keluarga raja. Di sini kita bisa melihat pemandangan indah dengan kolam pemandian yang konon katanya dulu merupakan tempat mandi para permaisuri dan putri-putri raja. Mirip-mirip dengan Taman Sari di Yogya, tapi Tirtagangga kental dengan nuansa Bali.

2014-04-18 16.41.15 2014-04-18 17.02.33 2014-04-18 17.06.51

  • Ayung River

Nah, kalo nginep di Ubud, bisa nih jadi alternatif kegiatan. Rafting di Sungai Ayung yang memiliki jeram-jeram yang cukup menantang, dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Oiya, untuk menuju Sungai Ayung, kita harus melewati ratusan anak tangga turun dan naik ketika pulangnya. Tapi setelah itu, pemandangan ketika rafting membuat semuanya terasa worth it dan lupa akan pegelnya kaki kok ๐Ÿ˜›

bisa ajak anak-anak, minimal umur 5 tahun
bisa ajak anak-anak, minimal umur 5 tahun
berenang di Ayung River
berenang di Ayung River
  • Bali Safari Marine Park

Buat yang bawa anak-anak, pasti seneng deh kesini. Ini kayak Taman Safari-nya di Bali gitu. Kita akan diajak keliling dengan menggunakan mobil yang disediakan untuk melihat-lihat koleksi hewan. Yang cukup menarik, nanti kita akan melewati penginapan yang view nya langsung ke kandang singa. Jadi berasa kayak di Afrika gitu deh. Hehehe..Selain itu, di sini juga banyak pertunjukan hewan yang menarik untuk ditonton, seperti pertunjukan gajah, lumba-lumba, singa, dll.

kasih makan pisang buat gajah
kasih makan pisang buat gajah
  • Tanjung Benoa

Yang suka olahraga air, mampir deh ke Tanjung Benoa. Di sini, bermacam-macam pilihan olahraga air seperti donut boat, parasailing, banana boat, dll bisa kita pilih. Jangan lupa untuk menawar harga, karena harga untuk turis dan orang lokal bisa berbeda jauh.

Itu beberapa akternatif tempat di Bali yang menarik untuk dikunjungi, dan pastinya masii banyak lagi yang belum saya kunjungi.ย  Nanti sewaktu-waktu akan saya tambahkan lagi yaaa dan di lain cerita akan membahas tempat makan asik di Bali buat yang muda-muda *tsaaaahh..

Tetep baca-baca koperkuning.com yaaaaa..Terimakasiiihhh :*

 

 

 

0 thoughts on “Bali – Ternyata Ga Melulu Kuta”

    1. Halo Mba Ninik, salam kenaaalll..

      Hehehe Mba, belum keliling dunia kok nih..cuma kebetulan aja sering dapet tiket promo.
      Ayo Mba, mari kita lebih semangat lagiii untuk hunting tiket dan berhemat di segala bidang..
      Terimakasih ya Mba sudah baca-baca koperkuning ๐Ÿ˜€

      1. Hai mba Ciwi, salam kenal jg….
        huhuhuu… Mba Ciwi, paling tidak, pernah ke berbagai bagian dunia lah…hehehe. Tapi aku salut sama mba Ciwi yang punya nyali besar buat nyoba ke tempat2 baru. Hooh pengen bgt bisa melihat dunia tp susah nya jadi karyawati di Indonesia “tua di kantor”….hiks. .
        Btw, next trip berikutnya kemana mba??
        Boleh ikut ng-trip bareng doooonkk…. #ngarep hihiihi

        1. Hahaha..soalnya kalo kata atasan aku Mba, hidup itu yang kita harus punya cuma “keberanian” ๐Ÿ˜€
          Next trip Insha Allah mau ke Derawan nih..sudah pernah belum Mba?
          Btw, 2015 banyak libur lhooo, mudah-mudahan bisa ngebantu untuk ga “tua di kantor” yaaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *