Belitung (2) – Island Hopping

Hari kedua adalah hari yang saya tunggu-tunggu selama di Belitung.  Gimana ngga, hari ini saya akan island-hopping ke pulau-pulau yang ada di Belitung, termasuk Pulau Lengkuas tempat mercusuar dengan pemandangan dari atas yang indah banget ituuuu.  ihiiiy.  Saya sudah menyewa kapal sehari sebelumnya dengan harga 400 ribu per kapal (bisa memuat 10 orang per kapal) dan tidak dibatasi waktunya berapa lama.

Tepat jam 9 pagi, saya sudah berada di Pelabuhan Tanjung Kelayang untuk naik kapal.  Oiya, jangan lupa untuk membeli makan siang atau perbekalan untuk di perjalanan karena di pulau-pulau yang akan didatangi tidak ada penjual makanan.

pelabuhan Tanjung Kelayang
di pelabuhan
wihiiiyyy
wihiiiyyy

1.  Pulau Pasir

Pulau pasir ini adalah seonggok pasir yang warnanya putiiiihhh banget, yang hanya ada di pagi hari.  Sore hari, ketika air laut sudah mulai pasang, pulai ini akan terendam air dan tidak terlihat lagi.  Begini nih :

bintang laut yang ada di Pulau Pasir
bintang laut yang ada di Pulau Pasir
Pulau Pasir
Pulau Pasir

2.Pulau Burung

Setelah puas berfoto di Pulau Pasir, saya pun menuju pemberhentian selanjutnya.  Pulau Burung.  Kenapa disebut Pulau Burung? karena di pulau itu ada batu yang berbentuk burung.  Driver saya pun bercerita dengan bangga bahwa pulau tsb pernah masuk acara On The Spot sebagai salah satu pulau paling unik di dunia..hehehe.

batu berbentuk burung
batu berbentuk burung
bikin seger mata ya
bikin seger mata ya

Saya menghabiskan waktu cukup lama di Pulau Burung ini karena nemu spot enak buat baca buku. Di situ ada sebuah dermaga ga terpakai yang adem dengan view langsung ke laut.  Wiiih, pas banget deh buat baca.  Berbekal kacang dan lagu-lagu di Ipod, selesai deh satu buku langsung hari itu juga..hihihih.  Gimana ngga langsung abis sebuku, gini nih view nya :

dermaga ga kepake buat ngadeem
dermaga ga kepake buat ngadeem

Saya kembali ke kapal karena driver saya sudah sms dan mengingatkan bahwa kita harus berangkat ke Pulau Lengkuas sebelum ombaknya membesar.  hihihihi ternyata saya lupa waktu, alhasil perjalanan ke Pulau Lengkuas pun penuh dilalui dengan ombak yang menghadang *tsaaaahhh.  Saya sampai harus pegangan kuat-kuat biar ga kelempar.  Kata Bapak kapal, itu ombaknya belum seberapa..pernah ada yang sampe 5 meter, dan penumpang tetep kekeuh untuk jalan terus.  Baiklaaahhh.

3.  Pulau Lengkuas

Ternyata, pengunjung Pulau Lengkuas jauh lebih banyak dibanding pulau-pulau sebelumnya yang saya datangi. Ga heran, di pulau ini ada spot snorkeling dengan air yang beniiiing banget, banyak tempat duduk-duduk, dan ada penjual minuman jugaa.  Tanpa buang waktu, saya pun bergegas memasuki mercu suar dan naik ke atas.  Di pintu masuk, terdapat kotak tempat pengunjung memasukkan uang Rp 5 ribu sebagai biaya kebersihan.

Baiklah, perjuangan naik ke mercu suar setinggi 60 meter, dimulai.

mercusuar di Pulau Lengkuas
mercusuar di Pulau Lengkuas
ada 18 tangga kayak gini, dan ini yang ke-10 hosh hosh
ada 18 tangga kayak gini, dan ini yang ke-10 hosh hosh
pemberhentian di tiap tangga
pemberhentian di tiap tangga

Ngos-ngosan, tapi begitu melihat pemandangan dari atas sini, capeknya sih masiiih, tapi langsung lupaaaa..gile keren banget!

enjooooyy!
enjooooyy!

2013-09-17 12.45.28 2013-09-17 12.47.24 2013-09-17 12.51.492013-09-17 14.29.08 2013-09-17 14.36.51

Selesai melepas lelah, menikmati pemandangan, dang ngobrol dengan pengunjung lain di atas mercusuar, saya pun turun lagi dan mencari tempat yang enak untuk menikmati santap siang.  Hari itu, saya menikmati nasi bungkus isi sambel telor dan tumis labu dengan view makan siang paling indah yang pernah saya alami.

menu makan siangnya sih biasa..
menu makan siangnya sih biasa..
view nya yang luar biasaaaa..
view nya yang luar biasaaaa..

2013-09-17 13.31.00

Saya juga menghabiskan waktu cukup lama disini.  Bukan, bukan karena baca buku. Tapi karena ketiduran di atas batu dan baru sadar ketika air laut sudah mencapai kaki saya. hihihihi.  Saya pun bergegas menghampiri kapal saya yang tinggal satu-satunya di pulau itu dan menuju ke pulau lain.  Teluk Labu namanya.

4.  Teluk Labu

Konon katanya, sebenernya pulau ini tidak termasuk ke dalam paket Island-Hopping yang biasa dilakukan oleh wisatawan.  Namun hari itu, saya dikasih bonus.  hehehe..saya diajak ke Pulau yang belum terjamah dan jarang didatangi orang.  Eh tapi pas kesana ternyata saya ga sendirian, ada pasangan yang sepertinya sedang bulan madu sedang berenang di pulau tersebut.  Airnya ituuu, beuuuuuh, memang mengundang untuk nyebur banget sih.  Tapi saya memilih untuk duduk-duduk aja sambil foto-foto.  Bingung ntar ganti bajunya dimana sih..hehehhe

2013-09-17 15.03.06 2013-09-17 15.05.09

5.  Pulau Kepayang

Pulau Kepayang adalah pulau yang paling “hidup” menurut saya.  Di sini terdapat tempat makan dan penginapan serta penangkaran penyu.  Katanya, pulau ini juga bagus untuk melihat sunset.  Sayangnya waktu itu agak mendung, jadi saya pikir ga perlu nunggu sunset disitu. heheh.. Saya hanya menikmati sebuah kelapa muda dan langsung pulang ke Pulau Kelayang untuk kembali ke penginapan.

2013-09-17 15.52.05 2013-09-17 15.58.37

Demikian perjalanan island-hopping saya hari ini.  Saya pulang ke penginapan dalam keadaan capek, belang, tapi seneeeengg banget.  Mata saya abis dimanjakan oleh warna hijau biru nya laut Belitung.  Ihiiiiy.

Oiya, untuk informasi sewa kapal bisa hubungi Bang Yus di no HP 0819.9591845 yaaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *