Takayama

Ok, lanjutin cerita tentang perjalanan saya ke Jepang beberapa bulan lalu yaaaa..

Takayama adalah kota ketiga yang saya datangi di perjalanan kemarin.  Terletak di prefektur Gifu, bisa ditempuh dalam waktu 6 jam dari Tokyo, lewat Nagoya.  Pertama kali lihat fotonya di buku travelhemat Jepang yang saya beli, dan saya langsung jatuh cinta.  Old town dengan suasana khas Jepang yang sangat friendly untuk pejalan kaki seperti saya.

Karena ada peristiwa pesawat saya dari Sapporo di cancel dan saya harus re-schedule ke pesawat besok siangnya, maka saya baru sampai di Takayama sekitar jam 8 malam dan disambut hujan rintik-rintik.  Untungnya, saya memesan hotel yang terletak tepat di sebrang stasiun, namanya Country Hotel Takayama.  Hotel ini sangat saya rekomendasikan, karena letaknya sangat strategis.  Tepat di sebrang stasiun JR Line, dan terminal bus yang akan membawa kita ke tempat-tempat wisata di Takayama, seperti Hida No Sato Village.  Selain itu, old town yang suka ada di foto-foto Takayama itu juga bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari hotel ini.  Trus, tepat di bawahnya, ada convenience store yang buka 24 jam.  Pokoknya recommended deh..Tadinya saya mau cobain tempat menginap yang ada private onsennya..tapi mengingat waktu saya ga banyak, saya lebih pingin explore daerah sekitar situ daripada berendem di onsen hotel. hehehhe..

How to Get There

Cara termudah ke Takayama adalah dengan menggunakan JR Pass.  Naik shinkansen dari Tokyo ke Nagoya, trus lanjut kereta lokal ke Takayama.  Kalau siang hari, pemandangan di perjalanan itu bagus banget.  Dan sepertinya keretanya di desain sedemikian rupa, jadi jendelanya gede-gede gituuuu..puas deh liat pemandangannya.

IMG_8685 IMG_8687

Things to Do

  • Hida no Sato Village

Di sini, kita bisa melihat puluhan jenis rumah tradisional Jepang lengkap dengan deskripsi masing-masing.  Supaya tambah seru, ikutan challenge yang disediakan deh.  Waktu itu saya ikutan stamp challenge, jadi nanti dikasi buku dan pertanyaan yang terkait dengan rumah-rumah tradisional yang ada disitu.  Kita diminta mengumpulkan 5 stamps yang ditaruh di beberapa rumah (acak) dan menjawab pertanyaan yang ada di kertas.  Kalau berhasil dan benar semua, kita tunjukin di information lagi, dan dapet hadiah.  Seru banget!

IMG_8470 IMG_8507 IMG_8514

Hida No sato Village bisa ditempuh dengan waktu 10 menit dari terminal bis Takayama.  Usahakan berangkat pagi, agar tidak terlalu ramai.

IMG_8465

  • Sanmachi Suji

Naaaah..ini yang bikin saya jatuh cinta sama Takayama.  Jalanan sepanjang 3km yang kanan kirinya khas banget dengan bangunan khas Jepang yang beberapa di antaranya menjual souvenir dan makanan enak-enak.  Saking sukanya, saya sampe bolak-balik 5 kali lho, sampe gelap. hehehe..

IMG_8594 IMG_8598

  • Miyagawa Morning Market

Salah satu pasar pagi yang cukup terkenal di Jepang, walaupun pas saya kesana sih ga terlalu ramai yaaaa..Tapi seru sendiri karena jualannya lucu-lucu.  Ada bunga, sayur, buah, bibit-bibit tanaman, juga ada kayak bumbu dapur gitu.  saya waktu itu cobain matcha pudding, enak banget!!  Pasar pagi ini ada di samping Miyagawa River, di jalanan sepanjang 1.5 km gituuu..Bisa sekalian sambil lari pagi dan cari sarapan di sana, trus duduk deh makan di pinggir sungai 🙂

IMG_8650 IMG_8653 IMG_8657 IMG_8659

  • Hida Beef

Ini makanan enak banget, wajib dicoba kalo ke Takayama.  Dagingnya lembut, dan bumbunya meresap sampai ke dalam *tsaaaahh..Harganya memang mahal sih, sekitar 3800 Yen untuk 1 porsi Hida Beef lengkap dengan sayur dan nasi.  Tapi worth it! Kalau bisa, cobain yaaaa..

IMG_8642

Sekian perjalanan saya ke Takayama.  Oiya, saya sempet ketemu dengan anak-anak muda dari Indonesia lhooo lagi sepedahan.. hehehe..

Next time kalo dikasi kesempatan kesini lagi, mau ah sewa sepeda..dan mudah-mudahan pas musim dingin karena kayaknya bakal keren banget 😀

Kota selanjutnya : Okinawaaaaa..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *